Searching...
Rabu, 23 Januari 2013

Membangun Sinergisitas Menuju Organisasi Lebih Baik

dok_makrab KKY
Membangun sinergisitas mahasiswa yang paling diutamakan adalah kerjasama dan kekompakan anggota. Saat ini, aktivis-aktivis mahasiswa terkelompokkan dalam berbagai organisasi mahasiswa, baik organisasi intra kampus yang bergerak sesuai bidang dan fakultasnya, organisasi ekstra kampus yang mengusung ideologinya masing-masing,  dan organisasi kedaerahan (organda) organisasi kepemudaan yang bersifat kekeluargaan dan kedaerahan, dimana segala pengurus dan anggotanya berasal daerah asal.

Tidak bisa kita pungkiri bahwa dalam mencapai tujuan tersebut, masing-masing sumber daya manusia (SDM) memiliki visi dan jalan atau rumusan yang berbeda dan terkadang malah saling bersebrangan, sehingga perlu sesuatu yang disebut kedewasaan. Ya, kedewasaan dalam menyikapi perbedaan-perbedaan tersebut tentunya. Jangan sampai perbedaan yang ada malah membuat kita lupa dan terlena akan tujuan utama dalam memajukan organisasi.

Kedewasaan harus kita tanamkan dan kita bina dalam diri kita baik sebagai individu maupun sebagai anggota atau warga dari organisasi. Dalam hal ini juga perlu kita tekankan dalam sistem kaderisasi yang diterapkan, jangan sampai kita dilenakan kepentingan pribadi atau kelompok sehingga menafikan kepentingan bersama untuk kemajuan organisasi.

Dalam hal ini jangan sampai kita melupakan komunikasi, sebab komunikasi menjadi sangat penting dalam membangun sinergisitas ini, terutama ketika sudah aksi atau penerapan di lapangan dari apa yang telah dirumuskan bersama. Mungkin cukup demikian sedikit uraian tentang sinergisitas yang aku fahami, semoga coretan ini dapat menambah wawasan kita bersama.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
OLEH AMIN FIKER| YOGYAKARTA, DESEMBER 2012

4 komentar:

Top Viral mengatakan...

huahahaa...
fotone apik e

Unknown mengatakan...

trimakasih lek

Mas Bii mengatakan...

sayang banyak yg lupa etika

Unknown mengatakan...

saling mengingtkan ya mas

 
Back to top!