Searching...
Senin, 11 Maret 2013

Rangsangan Dahsyat Berkesenian

Kita Perlu Mengembangkan Sikap Menghargai Kesenian

Diskusi di Camp KKY
Sejak di play group atau taman bermain, anak umumnya sudah diperkenalkan pada kegiatan seni yang sederhana. Mulai dari mewarnai, menggambar atau membuat kolase atau tempel-tempelan. Tapi benarkah aktivitas seni merangsang daya kreatifitas anak?

Apakah hanya kegiatan seni yang punya peran merangsang kreatifitas anak. Apakah kesenian itu sekadar kegiatan waktu senggang bagi orang kaya? Karena kebudayaan kita cenderung kepada ilmu pengetahuan dan teknologi, mungkin kita akan mengambil kesimpulan demikian. Tetapi sejarah dengan jelas menyatakan tidaklah demikian keadaannya.

Kebanyakan dari apa yang kita hargai tentang bangsa lain kita peroleh dengan mempelajari musik, lukisan, kerajinan tangan, arsitektur, dan literatur mereka. Seni dan budaya merupakan jendela ke dalam jiwa manusia dan juga merupakan tanda bahwa kita diciptakan di dalam gambar dan rupa Allah yang kreatif. Dengan alasan-alasan itu saja, kita perlu mengembangkan sikap menghargai kesenian agar dapat menjadi manusia yang serasi dan utuh.      

Banyak manfaat yang dapat diambil dari kegiatan seni. Manfaat tersebut tentunya akan berguna juga dalam kehidupan sehari-hari. Kesuksesan tidak hanya di ukur dari skor IQ yang tinggi saja. Kehidupan ini tidak di nilai oleh IQ tapi lebih pada kecerdasan seseorang dalam mengolah diri dan lingkungannya.

Oleh karena itu, amat menyedihkan jika anak yang cerdas tidak diberi sentuhan seni. Bahkan berdasarkan penelitian, anak yang tumbuh tanpa dibarengi dengan kemampuan seni maka kehidupannya akan menjadi gersang. Anak menjadi kaku, tak hanya dalam berinteraksi dengan lingkungan tapi juga dalam memandarig persoalannya.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
OLEH UYE SYAIFULLAH | YOGYAKARTA, 25 JANUARI 2013

4 komentar:

Mas Bii mengatakan...

wehh Pk. Uye ikutan beroo..
"saluttlah kami"

Top Viral mengatakan...

melok aHHH...
tp ajari lho kang

Unknown mengatakan...

kebetulan Pk. Uye lg dijogja lho..

Unknown mengatakan...

bisa lgsung hubungi Pk. Uye, mumpung beliaunya lg dijogja lek

 
Back to top!