Searching...
Senin, 03 Juni 2013

Antara Gelap Dan Terang

Makna Apa Yang Terkandung Dalam Lilin Yang Menyala??

Ilustrasi Koleksi Pribadi
Alat penerangan ini tercatat sudah digunakan semenjak 3000 tahun SM oleh bangsa Mesir. Digunakan sebagai alat penerangan utama sebelum listrik ditemukan pada tahun 900-an. Banyak inovasi dan pengembangan yang dilakukan sehingga terciptalah lilin dengan bentuk dan nyala seperti sekarang ini.

Lilin sering digambarkan sebagai sisi positif maupun sisi negatif dari sebuah keputusan yang diambil dalam kehidupan. Mempunyai sumbu, nyala yang terang dalam kegelapan, akan  tetapi meleleh dan habis pada masanya. 

Mengandung dua nilai dalam satu kejadian.

Makna positif :
Lilin diartikan sebagai pribadi yang rela berkorban demi menerangi sekitarnya walaupun pada akhirnya dia sendiri meleleh dan hancur. Pengorbanan itu tidak akan sia-sia karena dia telah menciptakan kebermaknaan dan telah berguna bagi sekitarnya yang membutuhkan cahaya dalam kegelapan dan akan selalu dikenang. Lilin memberikan contoh yang luar biasa tentang arti dari sebuah pengorbanan.

Makna negatif :
Digambarkan sebagai sesuatu yang sia-sia, memberikan cahaya dalam kegelapan tetapi dia sendiri hancur. Diibaratkan pula sebagai sifat sombong yang akan menghancurkan diri sendiri. Memberikan kebahagiaan tetapi dia sendiri bersedih.

Makna yang terkandung dalam sebuah lilin yang menyala tergantung dari bagaimana kita menyikapinya, dari sudut pandang mana kita melihatnya? Bagian mana yang telah kita lakukan? Sekian...


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
OLEH
Frendy Pay
| YOGYAKARTA, 29 APRIL 2013

0 komentar:

 
Back to top!