Searching...
Selasa, 30 September 2014

Hari Pancasila dan Mahasiswa Kudus Yogyakarta

Mahasiswa dalam memperaktekkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan kemahasiswaan

Oleh: Amirul Linggar Pratama
Ketua Umum Keluarga Kudus Yogyakarta Periode 2014-2015

Dalam kehidupan bermasyarakat, mahasiswa menjadi suatu komunitas unik yang khas, hal tersebut dikarenakan mahasiswa secara historis telah mencatatkan kaki dalam sejarah perubahan, menjadi garda terdepan, dan motor penggerak perubahan.

Sikap kritis dan cerdas mahasiswa dalam menanggapi berbagai peristiwa di sekitarnya, berbanding lurus dengan perkembangan pesat ilmu pengetahuan. Banyak yang menanyakan, bagaimana cara mereka dalam beroganisasi? Dan ada juga yang menanyakan, bagaimana cara mereka menghormati sesama mahasiswa dari perantauan?

Mahasiswa adalah miniatur masyarakat  yang memiliki keberagaman pemikiran, gagasan dan ide-ide penuh kretifitas, mahasiswa bukan hanya dituntut pandai dan mampu di bidang akademik yang di tekuninya, akan tetapi mahasiswa harus menjadi The Power of Change.

Saya mengambil beberapa contoh kecil mahasiswa dalam memperaktekkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan kemahasiswaan, antara lain:

1. Bermoral
2. Berperilaku baik
3. Santun terhadap sesama
4. Mentaati peraturan-peraturan yang ada di kampus
5. Kritis terhadap suatu masalah atau persoalan yang ada.
6. Menciptakan terobosan-terobosan baru
7. Mengusung ide-ide kreatif
8. dll

Gerakan perjuangan bagi mahasiswa Indonesia tidak boleh berhenti sampai kapanpun, gerakan perjuangan mahasiswa saat ini tidak hanya dengan bergerak bersama-sama di suatu organisasi untuk berdemonstrasi dan berorasi dijalan-jalan saja, akan tetapi para “agent of change” tersebut harus selalu mencoba untuk bertindak bijak dengan intelektualisme dan idealisme demi bangsa dan negara. 

Salam Satu Raga, Salam Satu Muria..!!

0 komentar:

 
Back to top!