Searching...
Kamis, 20 November 2014

Hikmah dari sholat istiqarah

Roik Jaya - Sedikit berbagi cerita pribadi saya. Dulu ketika saya ingin masuk disalah satu sekolah yang saya inginkan dan dengan niatan serta usaha, saya mendaftar dan bolak balik sendirian menuju sekolah tersebut.

Dari sekian banyak orang yang masuk sekolah tersebut, hanya beberapa ratus orang yg diterima disekolah tersebut dan salah satunya saya (syukur Alhamdulillah). Hal ini merupakan kabar gembira buat saya, tapi tidak buat ibu saya. Karena ibu saya menginginkan saya masuk disekolah yang berbeda.

Saya sempet sedih dan bingung hingga akhirnya saya minta petunjuk sama Allah (dan ini bukan karena terpaksa lho..). Beberapakali saya melakukan sholat tahajud dan dilanjutkan sholat istiqaroh hingga akhirnya saya bermimpim (padahal bisa dibilang saya orang yg jarang bermimpi ketika tidur).
Isi mimpi saya saat itu, "saya berjalan kedepan tiba-tiba ibu saya memanggil dan saat itu saya ada dipertigaan. Ibu bilang (lewat sini aja nak, jangan lewat situ?!!) tapi saya mengiraukan petunjuk ibu saya dan tetap memilih jalan yang saya inginkan. Ternyata dipertengahan jalan, saya melewati jalan yang penuh liku dan berlumpur, hingga akhirnya saya terjebur dilumpur hingga akirnya saya terbangun dari mimpi.

Keesokkan harinya, saya masih memikirkan mimpi tersebut hingga akhirnya saya bisa mengartikan (sedikit demi sedikit) mimpi malam itu. Keesokan harinya saya menuju sekolah yang saya inginkan dan mencabutnya (berkas yang sudah masuk). Ketika itu sempet seorang guru bertanya dengan saya.. "kenapa dicabut? anda tidak nyesel? padahal banyak sekali yang ingin masuk sekolah sini lho" tanya seorang guru... "ibu tidak menginginkan saya sekolah disini pak" jawab saya singkat.

Dan ternyata disekolah yang ibu saya tunjukkan, saya banyak mendapatkan pelajaran yang sangat berharga. bukan cuma itu, saya juga mendapatkan teman-teman yang sangat luar biasa. Etika berpakaian muslim dan sopan santun yang diajarkan disekolah itu sangat luar bisa.

Hikmah yang kedua, saya pernah mengalami hal yang sangat sulit dan saya rasa hal ini akan dirasakan semua orang ketika mau menikah dan sebaiknya sholat istiqaroh ini dilakukan sebelum anda mau meminang atau menerima lamaran. Beberapa kali saya sholat tahajud dan dilanjutkan sholat istiqaroh untuk meminta petunjuk sama Allah, saya tak bosan untuk sholat istiqaroh karena hal ini menyangkut masa depan.

Subhanallah, akhirnya Allah memberikan petunjuk lewat mimpi (padahal saya jarang sekali bermimpi ketika tidur). Saat itu ada suara lantang yang ku dengar suara seorang laki-laki, ia berbicara suatu kota. kemudian saya terbangun dan melihat jam tepat pukul 3 dini hari. Kali ini cukup lama saya menerjemahkan mimpi itu bahkan dalam hitungan bulan. Dalam keadaan yang sangat sulit sayapun cukup diam dan tak sering merespons orang-orang yang mendekati saya. 

Meskipun tak jarang saya menanyakan sebenarnya siapa jodoh yang tepat untuk saya yang diberikan petunjuk sama Allah. Hingga akhirnya, beberapa bulan kemudian ada seseorang yang mau meminang saya, seketika saya kaget dan langsung teringat dengan mimpi saya saat itu (inikah jodohku ya Allah??).

Dan ternyata orang yang benar-benar serius mau meminang saya itu rumahnya, kota yang pernah saya dengar dimimpi tersebut. yaitu terdengar suara "palembang," dan sekarang menjadi suami saya (terimakasih ya Allah).


Hikmah dari cerita saya adalah:
1. mintalah petunjuk sama Allah ketika anda menentukan sesuatu yang anda anggap sulit.
2. jodoh itu ditangan Allah, sebesar apapun rasa cinta anda, kalau itu bukan jodoh anda walaupun anda paksakan maka kurang baik pula untuk anda sendiri.
3. berhati-hatilah melakukan segala tindakkan yang menuju masa depan, sedikit anda salah melangkah bisa berakibat fatal?!! So.... selalu ingatlah dengan Tuhanmu.

0 komentar:

 
Back to top!