Searching...
Rabu, 16 November 2016

Kuliah VS Organisasi

Suatu ketika kamu dihadapkan dengan pilihan harus mengikuti kuliah yang wajib kemudian ada kegiatan di organisasi yang tidak bisa kamu tinggalkan. What should you do? There is difficult choice. Keduanya meminta kita untuk hadir, padahal jelas kita tidak bisa membagi badan dalam dua tempat secara satu waktu. Dilema tersebut sering dirasakan oleh kalangan mahasiswa. Kemudian apakah kita harus bolos kuliah demi organisasi? Padahal tujuan kita di Yogyakarta adalah untuk kuliah. Dirasa sangat penting untuk dapat memecahkan dilema dari kedua hal tersebut, sarbo kali ini akan membahas tentang “Kuliah vs Organisasi”.
Rabu, 16 November 2016 bertempat di basecamp KKY, sarbo telah terlaksana dengan suasana cukup memanas. Perdebatan mana yang lebih prioritas antara kuliah atau organisasi terus diperbincangkan. Dalam bangku perkuliahan kita memperoleh hard skill, sedangkan dalam organisasi kita memperoleh soft skill. Lantas, apakah dalam perkuliahan tidak diajarkan soft skill? Kesalahan fatal mayoritas mahasiswa adalah menyandarkan proses pendewasaan diri pada materi dan kegiatan formal, sehingga terkesan membuang waktu. Kuliah sebenarnya bisa digunakan untuk hal lain seperti membangun relasi dan diskusi informal, sehingga soft skill juga dapat kita peroleh.
Beranjak pada pentingnya organisasi, dengan berorganisasi kita dapat menambah nilai plus dalam CV kita. Ketika kita mempunyai pengalaman berorganisasi, selepas kuliah tidak perlu bingung kemana kaki kita akan melangkah. Perusahaan yang merekrut pasti akan mempertimbangkan kita baik-baik, karena kita dianggap sudah mempunyai pengalaman bekerja dalam kelompok, yaitu mempunyai soft skill. Kita bukan sekedar mahasiswa ber-IPK tinggi tapi kerjanya cuma bolak-balik kuliah-pulang-kuliah-pulang (istilah lawas, “mahasiswa kupu-kupu”). IPK itu penting untuk dipertahankan, untuk menunjukkan bahwa kita serius dalam studi, tapi jangan sampai kita  mendewakan IPK sehingga tidak mengembangkan diri di luar perkuliahan.
Pada akhirnya, semua adalah pilihan. Kembali kepada diri kita sendiri, memilih jalan yang sesuai dengan hati nurani. Banyak jalan menuju kesuksesan, layaknya banyak jalan menuju Malioboro. Selamat kuliah dan berorganisasi !
#KKYSOLIDDIRANTAU


1 komentar:

 
Back to top!