Searching...
Rabu, 09 Januari 2013

Dari Berwacana Hingga Aksi Nyata

Rapat di kedai BS, Papringan, Jogja

Organisasi mahasiswa selayaknya menjadi kelompok penekan dalam setiap pengambilan kebijakan oleh pemerintah (penguasa), sehingga kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah tetap pada koridornya dan benar-benar berpihak kepada kepentingan rakyat. Inilah yang dimaksud dengan mahasiswa sebagai agent of control. Namun lebih dari itu mahasiswa juga harus bisa menjadi katalisator perubahan sosial, ekonomi juga politik di negara ini, dengan kata lain sebagai dinamisator alias agent of change!

Mahasiswa semestinya dapat benar-benar memerankan dirinya sebagai agent of change dan agent of control, kebijakan-kebijakan pemerintah harus dilihat dan dikritisi, latar belakang, tujuan, serta sangat penting juga pendanaannya. Tidak cukup itu tetapi secara kontinyu juga harus diawasi dan dikontrol. Sampai sekarang mahasiswa masih dianggap yang paling idealis dan pikirannya masih jernih serta memiliki semangat yang tinggi sehingga organisasi-organisasi mahasiswa mendapatkan porsi yang cukup besar dalam rangka ikut menentukan masa depan bangsa, tinggal bagaimana mahasiswanya, MAU APA TIDAK ?!

Yang diperlukan sekarang ini adalah pengaktifan kembali tulang punggung organisasi mahasiswa baik intra maupun ekstra kampus, yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa dalam arti aktif yang sebenarnya yaitu benar-benar dikelola oleh mahasiswa, adanya PD/PR III hanyalah sebagai fasilitator dalam pelaksanaan organisasi, bukan sebagai penentu akhir. Saatnya mahasiswa diberi ruang yang lebar untuk berkreasi dan kembali memberikan kontribusi yang nyata bukan hanya dalam disiplin ilmu masing-masing tetapi juga dalam ikut mematangkan bangsa menjadi bangsa yang besar.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
OLEH LEKYOZZ | YOGYAKARTA, JANUARI 2013

10 komentar:

Mas Bii mengatakan...

Hidup mahasiswa..

Top Viral mengatakan...

wehh lah kok mlh kayak demo

Mas Bii mengatakan...

biar kelihatan semangatny gt lho?

Unknown mengatakan...

mksh mas udh mampir diBlog kami

Unknown mengatakan...

bia rame lho lek

Unknown mengatakan...

pokoknya siplah

Mas Bii mengatakan...

mari beraksi..

Top Viral mengatakan...

yg jd mslh, biasane dr kita/kami/mrk itu sangat pandai *berwacana* tp nol dlm aksi nyata

Unknown mengatakan...

bareng2 ya ?

Unknown mengatakan...

bagus..bagus..

 
Back to top!