Searching...
Kamis, 17 Januari 2013

Sudahkah Kita Mengenal Budaya Dari Daerah Kita?

Suasana Sarbo Road to Campus di GSP UGM
Sarbo Road To Campus tanggal 16 Januari 2013 yang diselenggarakan di GSP mengusung tema mengenai budaya. Topik diskusi lebih dipersempit lagi ke arah budaya yang berasal dari daerah. Sebelum diskusi berlangsung lebih jauh, yang pertama perlu dilakukan ialah mendefinisikan pengertian dari budaya itu sendiri.

Kata ‘budaya’ sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Namun ketika ditanya sebenarnya budaya itu apa sih maka jawaban yang keluar dari mulut kita ialah ‘tidak tahu’. Rohman selaku moderator menjelaskan pengertian budaya menurut Koentjoroningrat. Menurut Koentjaraningrat budaya  merupakan keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.

Diskusi dilanjutkan pada contoh-contoh budaya. Apakah media sosial seperti facebook dapat dikatakan sebagai budaya? Sebagian dari teman-teman ada yang mengatakan budaya ada juga yang tidak. Dikatakan budaya karena merupakan hasil karya manusia. Dikatakan bukan budaya karena fenomena facebokan membutuhkan waktu agar dapat dikatakan sebagai budaya.

Terkait dengan budaya dari Kudus, beberapa budaya yang sudah mulai hilang. Yakni pembuatan kamar mandi yang ada undak-undakannya agar orang yang buang air kecil tidak nyiprat. Kemudian muncul pertanyaan, apakah budaya sama dengan tradisi? Jawabannya, berbeda. Tradisi  atau kebiasaan, dalam pengertian yang paling sederhana adalah sesuatu yang telah dilakukan sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat, biasanya dari suatu negara, kebudayaan, waktu, atau agama yang sama. 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
OLEH NIENA| YOGYAKARTA,  16 JANUARI 2012 

9 komentar:

Mas Bii mengatakan...

Mari kita besama2 nguri2 kabudayan. Kl tdk kita, siapa lg?

Unknown mengatakan...

Bagus.. Bagus..
Mari brsama2 nguri2 kabudayan

Mas Bii mengatakan...

tp q msh lom banyak tau

Top Viral mengatakan...

Kudus ~ GUS JIGANG

vienna vein mengatakan...

semoga dengan sarbo inilah, menghasilkan ide2 yg luar biasa dari tangan kalian....
salam budaya!!!

Unknown mengatakan...

sama2 saling cari tahu ya mas

Unknown mengatakan...

SALAM..!!!

Unknown mengatakan...

amin

artiirhamna mengatakan...

budaya yang baik dan budaya yang bersifat kedaerahan hendaknya dapat dilestarikan...
Salam Budaya, Salam Khatulistiwa!! :D

 
Back to top!