Searching...
Senin, 18 Februari 2013

Kunci Utama Sukses Masa Depan

AMIN FIKR
Selama ini ukuran kecerdasan selalu dilihat dari paradigma intelegensi (IQ). Angka-angka memainkan peranan penting dalam penilaian siswa. Efeknya siswa yang merasa IQ-nya tidak standard merasa minder dan bahkan baru-baru ini di temukan ada siswa yang bunuh diri karena tidak lulus UAN 4,0.

Berbicara tentang kecerdasan, setidaknya hal ini terkait dengan sistem pendidikan. Sistem pendidikan (juga hukum) kita selama ini banyak mengadopsi dari sistem barat. Di Indonesia nilai tersebut ada yang bisa diadopi, juga ada yang perlu ditolak. Hal ini dikarenakan perbedaan latar budaya Indonesia di Asia dengan Bangsa Eropa. Bangsa Eropa, dalam hal pendidikan lebih menekankan pada kecerdasan intelegensi (IQ). Ini efek dari kemajuan intelektual di abad pertengahan Eropa.

Pendidikan adalah hal yang sangat penting untuk diperoleh anak-anak ataupun orang dewasa. Pendidikan menjadi salah satu modal bagi seseorang agar dapat berhasil dan mampu meraih kesuksesan dalam kehidupannya. Kendala bagi dunia pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas adalah masih banyaknya sekolah yang mempunyai pola pikir tradisional di dalam menjalankan proses belajarnya yaitu sekolah hanya menekankan pada kemampuan logika (matematika) dan bahasa.

Kecerdasan merupakan suatu kemampuan untuk memahami informasi yang membentuk pengetahuan dan kesadaran. Tingkat kecerdasan (Intelegensi) ditentukan oleh bakat bawaan berdasarkan gen yang diturunkan dari orang tuanya. Secara umum intelegensi dapat dirumuskan sebagai berikut :
•    Kemampuan untuk berpikir abstrak.
•    Kemampuan untuk menangkap hubungan-hubungan dan untuk belajar.
•    Kemampuan untuk menyesuaikan diri terhadap situasi-situasi baru.

Mengembangkan kecerdasan majemuk anak merupakan kunci utama untuk kesuksesan masa depan anak. Peran orang tua dalam memberikan latihan-latihan dan lingkungan yang mendukung jauh lebih penting dalam menentukan perkembangan kecerdasan seorang anak. Perkembangan dan kemajuan tidak hanya ada pada tangan pemerintah, tetapi terdapat pula di tangan kita.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
OLEH AMIN FIKR | YOGYAKARTA, 4 JANUARI 2012

2 komentar:

Top Viral mengatakan...

artikel yg menarik

Unknown mengatakan...

trimakasih lek..

 
Back to top!