Searching...
Kamis, 19 Juni 2014

Opor Ayam Panggang Kudus

Olahan Menu Ayam Kegemaran Sunan Kudus

Ilustrasi: food.detik.com
Kudus - Bagi anda penggemar masakan olahan ayam kampung, rasanya anda harus mencoba menu opor ayam kampung panggang khas kota Kudus Jawa Tengah. Dijamin, lidah anda akan dimanjakan, dengan daging ayam panggang yang lunak, dipadukan dengan kuah opor yang manis pedas.

Jika anda singgah ke kota Kudus Jawa Tengah, belum lengkap jika anda tidak mencicipi olahan masakan opor ayam panggang yang khas di kota ini. Dijamin, lidah anda akan dimanjakan dengan rasa empuknya daging ayam panggang yang dipadu dengan kuah opor yang pedas, gurih nan manis. Konon, kuliner opor ayam panggang ini, kegemaran Sunan Kudus.

Salah satu kedai yang menyajikan olahan opor ayam panggang ini, ada dikedai milik Siti Sundari, di Jalan Nitisumito Kudus. Dikedai sederhana ini, selalu dipadati para penggemar opor ayam panggang. Dan tak heran, para pelanggan kedai Siti ini, melahap lebih dari satu porsi.

Untuk membuat opor ayam panggang khas Kudus ini relatif mudah. Namun yang terpenting adalah ramuan bumbu ayam panggang dan opornya. Terlebih dahulu ayam kampung betina, dikukus selama 3 jam dengan bumbu yang dihaluskan, untuk menghasilkan daging yang lunak. Setelah itu dipanggang.

Pelanggan kedai opor ayam panggang ini, tak hanya kalangan dewasa, tapi juga anak-anak. Harganyapun sangat terjangkau, sembilan ribu rupiah satu porsi. Kedai yang sudah ada sejak tahun 1960 ini, dalam sehari mampu menjual enam ratus porsi atau 30 ekor ayam kampung. (Taufan Yudha/Sup)

Sumber:
http://www.indosiar.com/safari-resep/olahan-menu-ayam-kegemaran-sunan-kudus_117016.html

0 komentar:

 
Back to top!