Searching...
Senin, 05 Mei 2014

Politik Dan Pendidikan

Politik Dan Pendidikan
by : Nur Rohman

Ourcamp Nur Rohman
Politik pendidikan atau the politics of education adalah kajian tentang relasi antara proses munculnya berbagai tujuan pendidikan dengan cara–cara penyampaiannya. Politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. 

Pengertian ini merupakan upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik. Pendidikan dan politik adalah dua hal yang berhubungan erat dan saling mempengaruhi. Dengan kata lain, berbagai aspek pendidikan senantiasa mengandung unsur–unsur politik. Begitu juga sebaliknya, setiap aktivitas politik ada kaitannya dengan aspek–aspek kependidikan.
      
Kontrol Negara terhadap pendidikan umunnya dilakukan melalui empat cara : 
1. system pendidkan diatur secara legal. 
2. system pendidikan dijalankan sebagai birokrasi, menekankan ketaatan pada aturan dan objektivitas. 
3. penerapan wajib pendidikan (compulsory education). 
4. reproduksi politik dan ekonomi yang berlangsung disekolah berlangsung dalam konteks tertentu.

Sketsa penyelenggaraan pendidikan di Negara ini dapat dibagi atas enam periode perkembangan, yaitu : periode awal atau periode prasejarah, periode kolonial Belanda, periode pendudukan Jepang, periode Orde Lama, periode Orde Baru, dan periode Reformasi. 

Mari bersama-sama memperhatikan serta tetap mengikuti perkembangan politik di Indonesia, agar dapat memberikan sumbangsih yang bernakna bagi dunia pendidikan.

0 komentar:

 
Back to top!